Struktur Organisasi Perusahaan Umum

Berikut mengenai penjelasan dari bagian-bagian tersebut:
Direksi
Direksi merupakan Organ Perseroan yang
bertanggung jawab serta memiliki wewenang atas pengurusan Perseroan dalam
menunjang kepentingannya sesuai maksud dan tujuannya.
Baik kepentingan tersebut di dalam pengadilan ataupun diluar sesuai
ketentuan anggaran dasar yang telah disediakan. Pada bagian ini umumnya
terdiri dari satu orang direktur utama, tiga wakil direktur utama serta enam
direktur.
Tugas Direksi
Tugas direksi secara umum adalah
menentukan suatu usaha yang bakal dijalankan oleh sebuah perusahaan. Pada
bagian ini juga yang menentukan sebuah kebijakan serta penjadwalan seluruh
kegiatan yang ada di perusahaan.
Dengan begitu, direksi adalah
pemegang kendali penuh atas perusahaan dan bertanggung jawab secara total
terhadap kemajuan perusahaan.
Direktur
Utama
Direktur Utama yaitu orang yang memiliki
wewenang dalam merumuskan & menetapkan suatu kebijakan serta program umum
perusahaan sesuai dengan wewenang yang diberikan perusahaan kepadanya.
Seorang direktur utama bertugas untuk
mengkoordinir semua kegiatan dalam bidang kepegawaian, administrasi keuangan
dan kesektariatan.
Selain itu juga bertugas dalam mengendalikan
pengadaan peralatan & perlengkapan, membuat rancangan untuk mengembangkan
dari sumber pendapatan, membuat rancangan pembelanjaan kekayaan perusahaan,
memimpin dan bertanggung jawab atas semua dewan atau komite exekutif.
Tugas direktur utama selanjutnya adalah
menawarkan ide-idenya dalam memajukan perusahaan di tingkat tertinggi (Kerja
sama denngan MD/CEO), memimpin rapat dan mewakili perusahaan dalam berhubungan
dengan pihak luar perusahaan.
Direktur
Direktur yaitu orang yang dipilih untuk
memimpin sebuah perusahaan berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Seorang direktur
dipilih oleh sang pemilik usaha untuk mengelola dan menjalankan perusahaannya.
Tugas umum seorang direktur adalah membuat
prosedur ketetapan untuk tiap manajer dalam mencapai tujuan dan sasaran
perusahaan.
Selain itu seorang direktur juga bertugas
untuk mengkoordinir setiap kegiatan dari para manajer serta menerima
pertanggung jawabannya secara periodik.
Seorang direktur memiliki
wewenang untuk mengangkat, mengganti, atau memberhentikan karyawan dan
pegawainya. Seorang direktur juga bertugas membuat ketetapan operasional
perusahaan dalam jangka pendek.
Direktur Keuangan
Direktur keuangan adalah orang yang bertugas
di semua kegiatan yang ada kaitannya dengan keuangan dan anggaran perusahaan.
Direktur keuangan bisa membentuk organ lagi
dibawahnya yang setingkat dengan jumlah yang ditetapkan dan disetujui dari
Dewan Direksi.
Secara umum direktur keuangan bertugas untuk
mengawasi seluruh operasional keuangan yang ada di perusahaan, bertanggung
jawab terhadap semua kegiatan yang ada kaitannya dengan keuangan.
Selain itu, direktur keuangan juga membuat
prosedur pelaksanaan yang berkaitan dengan keuangan secara rinci serta
menetapkan standar kerja lapangan demi menjamin agar tidak terjadi kebocoran di
bidang keuangan.
Direktur
Personalia
Direktur personalia adalah orang yang bertugas
mengembangkan sistem perencanaan personalia serta mengendalikan suatu kebijakan
untuk para pegawai.
Selain itu direktur personalia juga melayani
kebutuhan administrasi pagawainya dan melaksanakan pembinaan untuk pengembangan
staff administrasi.
Manajer
Manager adalah orang yang bertugas dalam menyesuaikan dan mengintegrasikan
macam-macam variabel dan karakteristik dari pegawainya dalam mencapai tujuan
organisasi yang sama.
Tugas Manajer:
- Memberi
pengarahan dalam membuat keputusan, kebijaksanaan, supervisi dan sebagainya.
- Merancang
organisasi & pekerjaan.
- Menyeleksi,
menilai, melatih dan mengembangkan pegawai atau calon pegawainya.
- Mengatur
dan mengendalikan sistem komunikasi.
- Membuat
sistem reward.
Manajer Personalia
Manajemen personalia yaitu orang yang bertugas membuat rencana, pembagian
kompensasi, mengembangkan, dan pemeliharaan tenaga kerja agar tujuan perusahaan
dapat tercapai.
Secara umum tugas manajer personalia adalah mengatur organisasi,
mengendalikan unit personalia, mengurus proses administrasi seluruh kegiatan
personalia.
Manajemen personalia juga bertugas mengurus prosedur perekrutan dengan
seleksi, ujian, wawancara serta membuat sistem nilai untuk kinerja karyawannya.
Selain itu manajer personalia juga bertugas mengurus perizinan ketenaga
kerjaan, mengurus dana pengobatan dan dana pensiun karyawan, mengurus
perjalanan dinas beserta fasilitasnya.
Manajemen personalia juga bertugas membuat sistem data karyawan, surat-form
administrasi dari kegiatan personalia dan membuat sistem laporan yang berkaitan
dengan semua kegiatan personalia.
Manajer Pemasaran
Manajer pemasaran yaitu orang yang bertugas memasarkan haslil produksi
perusahaan. Secara umum tugasnya adalah membuat rencana dan rancangan strategi
pemasaran produksi sesuai dengan trend pasar.
Selain itu juga melakukan riset marketing sesuai perkembangan pasar,
membuat operasioanl informasi perusahaan yang efisien dan melaporkan hasil
kerjanya pada direktur secara berkala.
Manajer
Manager
adalah orang yang bertugas dalam menyesuaikan dan mengintegrasikan macam-macam
variabel dan karakteristik dari pegawainya dalam mencapai tujuan organisasi
yang sama.
Tugas
Manajer:
Memberi
pengarahan dalam membuat keputusan, kebijaksanaan, supervisi dan sebagainya.
Merancang
organisasi & pekerjaan.
Menyeleksi,
menilai, melatih dan mengembangkan pegawai atau calon pegawainya.
Mengatur
dan mengendalikan sistem komunikasi.
Membuat
sistem reward.
Manajer
Personalia
Manajemen
personalia yaitu orang yang bertugas membuat rencana, pembagian kompensasi,
mengembangkan, dan pemeliharaan tenaga kerja agar tujuan perusahaan dapat
tercapai.
Secara
umum tugas manajer personalia adalah mengatur organisasi, mengendalikan unit
personalia, mengurus proses administrasi seluruh kegiatan personalia.
Manajemen
personalia juga bertugas mengurus prosedur perekrutan dengan seleksi, ujian,
wawancara serta membuat sistem nilai untuk kinerja karyawannya.
Selain
itu manajer personalia juga bertugas mengurus perizinan ketenaga kerjaan,
mengurus dana pengobatan dan dana pensiun karyawan, mengurus perjalanan dinas
beserta fasilitasnya.
Manajemen
personalia juga bertugas membuat sistem data karyawan, surat-form administrasi
dari kegiatan personalia dan membuat sistem laporan yang berkaitan dengan semua
kegiatan personalia.
Manajer
Pemasaran
Manajer
pemasaran yaitu orang yang bertugas memasarkan haslil produksi perusahaan.
Secara umum tugasnya adalah membuat rencana dan rancangan strategi pemasaran
produksi sesuai dengan trend pasar.
Selain
itu juga melakukan riset marketing sesuai perkembangan pasar, membuat
operasioanl informasi perusahaan yang efisien dan melaporkan hasil kerjanya
pada direktur secara berkala.
Manajer
Pabrik
Manajer
pabrik yaitu orang yang bertugas dan memiliki tanggung jawab penuh terhadap
pabrik yang dititipkan kepadanya. Manajer pabrik haruslah sering-sering
berkonsultasi kepada direktur agar tugas yang dilaksanakannya bisa berjalan selaras.
Selain
itu manajer pabrik juga bertanggung jawab atas hasil produksi yaitu dengan
mengantisipasi dan mengatasi segala persoalan yang ada kaitannya dengan
produksi perusahaan bersama divisi lain.
Yang
ada dibawah pertanggung jawaban manajer pabrik yaitu PPC, pengadaan barang
serta produksi.
ADM
& Gudang
Bagian
ADM & Gudang ini bertugas untuk mengecek segala administrasi &
transaksi yang ada kaitannya dengan jalannya perusahaan. Pada bagian ini
terdiri dari Acounting, CMT dan Kasir.
Tugas
ADM dan Pergudangan:
Tugas
Accounting yaitu melakukan pendataan dan pembukuan terhadap seluruh transaksi
yang terjadi.
Tugas
CMT yaitu mengurus hal-hal yang memiliki kaitan dengan pihak Outsourcing.
Tugas
Kasir yaitu membuat laporan tentang pengeluaran & pemasukan terhadap uang
harian di perusahaan.
Divisi
Regional
Divisi
regional yaitu orang yang bertugas mengelola aset perusahaan serta menjalankan
bisnis perusahaan sesuai arahan dari perusahaan. Selain itu juga bertugas
menyepakati target kerja bersama dengan direksi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar